Senin, 08 Februari 2021

Strategi Pemasaran Buku

Bismillah Alhamdulillah
Laa Haulaa Wa Laa Quwwata




Sandal hilang depan rumah
telapak kaki kena kawat
walaupun sinyal lemah
semangatku tetap kuat

Dua hari ini memang saya mengalami gangguan sinyal. paket data masih 6,5 Gb namun tidak dapat mengirim pesan whatsapp ataupun thetering ke laptop. Saya isi lagi paket data barangkali kurang banyak, namun tetap saja provider kuning ini membuat saya ambyar... hehehehe. Sudahlah, ikut theteringnya pak suami yang pakai provider lainya.

Hari ini hati saya berbunga-bunga, mengapa ?, melihat sharing gambar dari Bu Kanjeng tentang buku antologi The Power Of Silaturahmi In Writing ( Antologi Membangun Literasi Negeri Bersama omjay & Bu Kanjeng ). terpatri nama saya , Atik Puspita Rini, disampul belakang. Entah mengapa, walaupun hanya antologi alias keroyokan, saya merasa bahagia sekali membaca tiga kata nama saya disana. Siapalah saya yang akan tersebar namanya dihalaman belakang sebuah buku sebagai salah satu penulis. Semoga hal ini menjadi awal kebaikan untuk saya untuk melahirkan karya-karya bermanfaat, awal kesuksesan saya dalam dunia menulis. Bismillahitawakaltu... Aamiin.

Memasuki minggu kedua di bulan februari, kelas belajar menulis telah memasuki pertemuan ke-16, artinya sejumlah itu resume yang telah terselesaikan, Alhamdulillah.

Moderator lincah, Ibu Aam Nurhasanah mendampingi Narasumber yang juga menjabat sebagai Direktur Pemasaran Penerbit Andi, Bapak Agustinus Subardana, akan mengupas Strategi Memasarkan Buku Disaat Pandemi.

Membaca tema yang disampaikan, artinya sudah tidak lama lagi buku resume kita akan terbit, dan kita harus juga tahu bagaimana memasarkannya nanti. Selain tujuan kita adalah menulis untuk berbagi, juga menulis untuk menghasilkan, menghasilkan buku dan keuntungan finansial.

PT. Andi Offset, adalah sebuah nama yang sering saya temui dibagian bawa buku-buku yang pernah saya baca semenjak SMA. Artinya nama tersebut merupakan salah satu nama penerbit besar ( saat saya mulai bergabung di grup menulis, saya kenal dengan istilah penerbit mayor ) yang ada di Indonesia.

Sudah bergerak dalam industri penerbitan selama 40 tahun dan telah menerbitkan hampir 15.000 judul buku yang di  kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di kunjungi di website : www.andipublisher.com ).

Berdasarkan laporan Nielsen BookScan ICM, penjulan buku di global hingga akhir pekan di bulan Juli 2020 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Berikut penyajian dalam grafik :


Namun, penerbitan buku di Indonesia terdampak cukup keras karena pandemi ini. Mengutip pernyataan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Rosidayati Rozalina, dalam situs resmi www.ikapi.org . Segmen yang terdampak pandemi diantaranya :


Akan tetapi, penerbit Andi Offset adalah salah satu penerbit yang justru yang bisa bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi. Terbukti dengan dibukanya cabang representative di 120 titik di kota dan kabupaten di Indonesia.

Strategi pemasaran penjualan buku harus diperhatikan. Dengan menentukan jenis buku dan mengkategorikannya, kemudian melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi dari kategori-kategori yang ada.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Pemasaran yaitu :

  1. Faktor mikro
    • perantara
    • pemasok
    • pesaing
    • masyarakat
  2. Faktor makro
    • demograsi
    • ekonomi
    • politik
    • hukum
    • teknologi
    • fisik
    • sosial budaya
Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Andi Offset antara lain :
    1. Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line
      • Pentingnya transformasi digital. Pandemi membuat masyarakat mengharuskan minim sentuhan fisik.
      • Digital marketing. Diterapkan karena pola hidup masyarakat saat ini cenderung mengarah ke arah digital. Pemasaran model ini bermanfaat karena :
        • biaya lebih murah
        • jangkauan lebih luas
        • mudah menentukan target pasar berdasarkan kategori
        • komunikasi dengan konsumen lebih mudah
        • dapat menggunakan berbagai media sosial yang ada
        • mudah dievaluasi dan dikembangkan
      • yang harus dilakukan dalam penjualan digital :
        • proaktif promosi
        • mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang ada
        • menstabilkan penjualan dan meningkatkan pendapatan
        • mengembangkan keunggulan produk dari pesaing
    2. Pemasaran melalui komunitas
      • penerbit proaktif mengadakan promosi melalui webinar, media sosial, youtube, chanel tv
      • memberikan diskon khusus.
    3. Strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line )
      • memetakan wilayah potensial untuk membuka cabang representative (stokist) pemasaran buku.
      • menjalin kerjasama dengan jaringan toko buku di seluruh Indonesia, yaitu Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, dan toko buku yang lain.
      • untuk dapat memasarkan di toko buku, harus juga diperhatikan tentang bagaimana memenangkan display, promo potongan harga, active selling di toko tersebut.
      • menyediakan banner promosi, acrilic untuk menonjolkan produk buku, mengadakan promo buku yang sedang diminati.

    Strategi Directselling juga diterapkan oleh Andi Offset. Directselling adalah memasarkan dengan memetakan jenis kategori buku yang diterbitkan.

    Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
    1. Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
    2. Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
    3. Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
    Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas, Andi Offset sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) . Dari strategi ini, juga membuka lapangan pekerjaan baru.

    Beberapa trik dari Andi Offset agar buku laku di pasaran :

    1. Ikuti trend yang lagi booming ( dapat dipantau di google trend )
    2. buat judul dan cover yang menarik ( marketable )
    Kendala pemasaran online :
    1. Jaringan internet
    2. Alamat pengiriman yang kurang tepat
    3. Jarak pengiriman mempengaruhi waktu pengiriman

    Tulisan Bapak Agustinus Subardana juga dapat dinikmati di Literasikangagus.blogspot.com .

    Quote Of Bapak Agustinus Subardana :
    Jangan pernah ragu meniru penulis lain
    Setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model
    Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru

    Motivasi diri :
    kelap-kelip kunang-kunang
    makan sukun campur pepaya
    siapa rajin akan menang
    siapa tekun akan berjaya


    Resume ke-16 Belajar  Menulis Gel. 17 :

    Narasumber    :Bapak Agustinus Subardana
    Moderator     :Ibu Aam Nurhasanah
    Peresume      :Atik Puspita rini
    Tema       :Teknik Memasarkan Buku (Strategi Memasarkan Buku Disaat Pandemi)



    Wallahu a'lam bisshowwab

    14 komentar:

    1. wow, wow, wow
      mantap, luar biasa, inspiratif sekali bu atik
      Semangat berkarya, semangat menginspirasi

      BalasHapus
    2. Keren Bunda... Enak dibaca dan sistematis... Good Job

      BalasHapus
      Balasan
      1. makasih bapak,
        semoga bisa bergabung dengan Andi Offset

        Hapus
    3. Luar biasa lengkap isi resumenya bunda.

      BalasHapus
    4. Mantap resumenya Bund..selalu gercep..

      BalasHapus
    5. Ibu Atik, digrup sering merendah padahal tulisannya bagus. Saya pandai menulis, rendah hati pula. Mantap

      BalasHapus
      Balasan
      1. terimakasih,
        tapi saya minder jika membaca tulisan teman-teman. enak-enak, simple, dan runtut. sedang punya saya yang untuk lomba itu, haduuuuu.... #tepokjidat, hehehehe

        Hapus
    6. Luar biasa bu.... Tetap semangat dalam membuat resume...walaupun paling cepat tidak mengabaikan kualitas...TOPlah pokoknya😁👍

      BalasHapus
      Balasan
      1. Thanks so much pak,
        Malu kalau baca postingan master2 yang lain, isi nya lebih wow

        Hapus
    7. Mantap bin keren tulisannya. Enak dibacanya dan menginspirasi. Selamat berkarya dan tetap semangat. Good job.

      BalasHapus
    8. Wah keren oni sudah bukan resume lagi tapi sudah seperti buku
      https://hernisbanah.blogspot.com/2021/02/merajut-buku-meraih-karya-yang.html monggo singgah di blog saya

      BalasHapus
    9. Masyaallah... mantap dan keren selalu Bu Atik. Semangat dan karya yang luar biasa. Sangat menginspirasi.

      BalasHapus
    10. Saya suka, saya suka...Keren deh...

      BalasHapus