Minggu, 21 Februari 2021

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah 20 Resume ?

Bismillah Alhamdulillah
Laa Haulaa Wa Laa Quwwata

Kali ini catatan dibuat dari kegiatan Ngobrol Bareng Omjay via zoom di Minggu malam. Kegiatan ini kali pertama saya ikuti dikarenakan tema yang dibahas adalah apa yang saya butuhkan. Tema-tema di kegiatan ngobrol bareng ini sebenarnya juga selalu menarik, namun tidak selalu saya ikuti karena memang semenjak tergabung dalam kegiatan belajar menulis, saya sampaikan kepada keluarga khususnya anak-anak jika tiga hari dalam seminggu saya akan fokus ke laptop. Sehingga waktu lain diminta untuk mereka, sesuai perjanjian yang dibuat dengan keluarga dan anak-anak.

Apa yang harus dilakukan setelah 20 resume dari kegiatan belajar menulis, adalah tema yang dibahas pada malam ini. dengan arahan dari Pak Brian Prasetyawan, yang harus dilakukan setelah minimal 20 resume terkumpul adalah :

  1. Tentukan judul cover
  2. Buat daftar isi
  3. Profil penulis
  4. Buat sinopsis dari buku kita
  5. Tentukan ke percetakan mana buku kita ingin diterbitkan
  6. Konsultasikan lebih lanjut tentang kelengkapan prasyarat berdasarkan penerbit yang ditunjuk
Format penulisan buku kumpulan resume ini boleh disusun berdasarkan judul, atau terbagi menjadi bab dan sub bab. 

Tak menutup kemungkinan untuk masih terus melengkapi resume hingga pertemuan akhir. Banyak materi menarik tentunya.

Ayo terus belajar walaupun dikejar deadline tugas dan kehidupan. Menjaga keseimbangan jasmani dan rohani, pola pikir dan pola hidup sehat, positive thingking serta optimis harus terus tertanam agar hidup ini bahagia.

Salam literasi
Salam berkarya

8 komentar: