Senin, 11 Januari 2021

Menulis, Memunculkan Motivasi Baru

 


Bismillah Alhamdulillah...

Allah masih memberikan saya kemampuan, kesehatan, dan rizki untuk masih dapat menyambung tulisan saya pada malam hari ini, Senin berkah, 11 Januari 2021 dalam program belajar menulis di pertemuan keempat bersama narasumber Ibu Eva Hariyati Israel, S.Kom.



Ya.. seperti biasa, warmingup otak. Mikir dulu apa yang mau dituangkan melalui jari-jemari ini. Bu narsum meminta kami menuliskan alasan-alasan mengapa kami menulis.

Awal mula saya mengenal apa itu menulis, adalah ketika saya berteman dengan Bapak Prihandono. Beliau adalah guru Bahasa Indonesia di salah satu SMP Negeri di Kecamatan Benjeng. Beliau bercerita selain aktifitasnya sebagai pendidik, juga freelance sebagai wartawan lepas.

Beliau menulis kejadian-kejadian sederhana yang ditemui sehari-hari. Misalnya jalan akses ke sekolahnya yang terendam banjir,  Prestasi siswanya dalam ajang lomba, dan hal-hal ringan menurut beliau.

Kemudian beliau kirim ke salah satu surat kabar di Surabaya, dan terbit. Kata beliau, "lumayan Bu Atik.. sampean coba". 

Dan selalu yang ada di otak saya, Bagaimana saya memulainya ?. Hingga pada akhirnya saya mengikuti grup wa pelatihan menulis gelombang 17 yang dilaksanakan oleh Om Jay.

Disinilah saya mulai "berani" mengisi blog saya yang tak berpenghuni dari tahun 2019. hehehehe...

Dan entah berapa blog lagi yang saya buat, tapi tidak tahu kemana rimbanya.

Keberanian ini semakin kuat, dan tekad ini semakin bulat ketika pada tahun 2019 tersebut saya diangkat sebagai ASN. Salah satu poin dengan angka kredit yang tinggi diperoleh dari karya tulis. Dan sekarang ada kesempatan untuk belajar, why not ?.

Tak ada salahnya kan dicoba. Toh juga hal baik. Terlepas alasan saya yang "kurang baik" menurut saya pribadi, seperti memperoleh fee dan angka kredit yang saya sebutkan diatas.

Semakin berjalannya waktu, akhirnya niat yang "kurang bagus" tersebut berkurang melintas di otak saya. Yang saya fikirkan hanya, bagaimana saya dapat mengisi blog saya?, bagaimana saya bisa membuat tulisan yang enak dibaca? bagaimana saya dapat memberi manfaat dari tulisan yang saya bagikan?, dan entah alasan baru apa lagi yang akan menjadi motivasi saya... bismillahitawakaltu.

Seperti pengalaman para narasumber yang inspiratif, beliau berhasil menerbitkan buku-buku hebat dengan kegalauan yang mungkin sama dengan apa yang saya rasakan selama ini.

Saya yakin, awalnya apa yang beliau rasakan sama dengan yang saya rasakan saat ini ( pede bingit saya... ).

Manajemen waktu juga menjadi salah satu tantangan untuk bisa fokus dalam menulis. Apalagi kita sebagai ibu rumah tangga yang juga berprofesi sebagai guru, harus dapat benar-benar memanajemen waktu antara menyelesaikan tugas sebagai guru ( yang sesama guru tahu sendiri kan bagaimana ... heheheh), juga kewajiban sebagai ibu rumah tangga ( hemmm... yang ini tidak usa dibahas ya, dari matahari belum terbit, hingga terlelapnya mata suami, hehehe... ), dan waktu untuk fokus menulis menelurkan ide-ide yang bisa bermanfaat bagi yang lain.

Pada akhirnya, Niat menjadi kunci utama dari suatu keberhasilan. Jika kita niat menulis untuk mencari berkahNya, insyaallah semua akan dimudahkan.

Wujudkan motivasi menjadi aksi nyata. we can do it !

Bismillahitawakaltu 'alallah

wallahu a'lam bisshowwab


Resume Ke-4 Pelatiahan Belajar Menulis gel.17
Narasumber    : Ibu Eva Hariyati Israel, S.Kom.
Moderator     : Bpk. Bambang purwanto
Peresume      : Atik Puspita Rini





10 komentar: