Rabu, 13 Januari 2021

Literasi itu "belum" Mewabah

Bismillah Alhamdulillah... Laa haulaa wa laa quwwata

  
Pemateri dalam belajar menulis gel.17 kali ini adalah Bapak Bambang Purwanto, S.Kom, Gr. Beliau adalah seorang guru, blogger, penggiat literasi, pendongeng, pak erwe ☺, de el el ... dan biasa disapa Mr. Bams.


membaca adalah jendela dunia
cintai aku dengan membaca, aku akan mencintaimu dengan menulis

Membaca, adalah satu kata yang kita dengan dari kita kecil. Surat pertama dalam kitab suci Al Quran pun memerintahkan untuk membaca.

Menulis adalah senjata untuk mengikat ilmu yang kita dapat dari membaca tersebut.

Yaa.. materi kali ini memang berhubungan dengan literasi. Kegiatan ini sudah digalakkan sejak beberapa tahun lalu. Di keluarga saya, anak-anak sudah saya biasakan membaca setiap hari walau hanya dalam waktu 5 menit.

Namun, saya belum bisa mewujudkan di sekolah saya. Pernah saya coba untuk laksanakan, saya belikan beberapa buku sains bentuk komik ( waktu itu ada big sale Gramedia , saya beli 10 buku ). Anak-anak sangat antusias karena bukunya menarik. Tetapi seiring berjalannya waktu, 10 buku tersebut terselesaikan. Dan saya belum bisa membelikannya lagi ( ketika harga normal, buku yang bentuk dan isinya menarik cukup mahal, dan saya ingin memberikan "bentuk terbaik" dulu dari fisik bacaannya agar anak-anak tertarik dan akhirnya penasaran kemudian suka ).

Pernah juga saya mengakali dengan mencetak beberapa cerita pendek dan dongeng yang saya ambil dari internet. Tapi ya begitu, hanya saya cetak tapi tidak saya bukukan / jilid. Pada akhirnya berantakanlah cetakan-cetakan tersebut.

Jika saya sharing dengan rekan guru lainnya, mereka menyarankan anak-anak suruh bawa buku sendiri dari rumah dan nanti ditukar di sekolah. Sebenarnya boleh juga, tapi saya merasa "membebani" mereka.

Solusi dari Mr.Bams untuk koleksi buku sekolah :
1. Menerima sumbangan dari orang tua murid
2. Kerjasama dengan Perpus Daerah
3. Kerjasama dengan sekolah lain (pinjam)
4. Cari donatur / CS
5. Dll

Boleh juga dicoba, hehehe... bismillah.

Dan akhirnya dapat menyimpulkan (versi saya ) dari paparan narasumber, Bagaimana menggiatkan literasi Sekolah :
  1. Kuatkan niat, bulatkan tekad, untuk menggalakkan literasi.
  2. Sajikan buku-buku / bacaan sesuai  minat "kebanyakan" siswa
  3. Bentuk tim GLS 
  4. Beri reward, baik berupa point yang tercatat di rapot juga berupa piagam penghargaan (pemberian poin dapat klik link berikut : https://youtu.be/V7iQ--vRMxE )
  5. Konsisten
Demikian sedikit catatan kecil dari saya. semoga menginspirasi kembali saya untuk menggiatkan GLS.
kegagalan saya dalam menggiatkan literasi disekolah, mungkin disebabkan karena saya juga kurang meliterasi diri sendiri, surving informasi di internet dan team work yang belum solid. 

Butuh tangan-tangan besi untuk dapat mewujudkan literasi yang menjadi salah satu niat suci demi mencerdaskan anak negeri.

Wallahu a'lam bisshowwab


Hadits Rosulullah riwayat Bukhari :
sampaikanlah walau hanya satu ayat

Qoute of Mr. Bams :
Menulislah walau satu kalimat, disanalah akan merasa ada tantangan tersendiri.

Quote of Om Jay :
Menulislah setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi





Resume Belajar Menulis Gel. 17 :
Narasumber    :Bapak Bambang Purwanto, S.Kom, Gr.
Moderator     :Ibu Aam
Peresume      :Atik Puspita rini

20 komentar:

  1. terima kasih sdh mengerjakan tugas resumenya dengan baik, tambahkan video agar lebih bagus resumenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan saya usahakan om Jay,
      sebenarnya ingin menyisipkan video karya saya, tetapi belum ada.
      bisakah menyisipkan video dari para narasumber

      Hapus
  2. Balasan
    1. mencobah memperbaiki sesuai masukan-masukan, bismillah

      Hapus
  3. Mantap Bu, betul dg iqra peradaban maju

    BalasHapus
  4. Mantul Bu sangat cepat tugas resumenya salam literasi semoga sukses selalu Aamiin3

    BalasHapus
    Balasan
    1. isi-nya bagaimana bu.. terkesan asal-asalan atau bagaimana ? mohon masukannya

      Hapus
  5. Resume yang cepat tapi isinya gak asal2an, mantap, bermakna dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya revisi bu, tadi waktu paste link, ada yang ketindih dan kehapus

      Hapus
  6. Resumenya bermakna..👍semangat literasi

    BalasHapus
  7. Resum ibu keren banget ulasannya, menggunakan surat Iqra', kagum banget.
    Untuk menggerakkan literasi memang agak sulit Bu, tapi yakinlah kita pasti bisa asalkan kita kreatif menginovasi kan literasi agar diminati, salam literasi Bu🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngge ibu.. selalu berusaha, apalagi kedepannya berlaku akm, semua berhubungan dengan literasi

      Hapus
  8. kreeen tulisannya semangat dan lanjutkan bunda atik.....saya ke ganggu sama background blognya bu. merona hahah.. keep spirit

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngge, nuhun pak..
      hahahah.. belum nemu tema yg pas dan sreg
      any idea?

      Hapus
  9. mantap, keren, inspiratif. semangat berkarya, semangat menginspirasi

    BalasHapus